.

.

Tari saman memiliki banyak nama lain

Tari saman memiliki banyak nama. Tidak hanya menari seribu tangan, tetapi juga Saman Gayo di Aceh dan Timur Tengah, Saman Lokop di Aceh Timur, Aceh Barat dan Saman Aceh Barat. Melayu tarian tradisional dari daerah asal di Aceh Tenggara Gayo Highlands. Nama "Saman" yang diambil dari nama pencipta dan pengembang dari tari Saman dari Sheikh Saman. Dia adalah salah satu ulama yang menyebarkan agama Islam di Aceh. Itu sebabnya puisi atau lagu yang digunakan dalam bahasa Arab adalah tari saman dan Aceh. Biasanya digunakan dalam saman puisi taari berisi pesan propaganda, sindiran, saran Anda, dan asmara Anda. Melayu tarian tradisional dari daerah asal di Aceh Tenggara Gayo Highlands. Nama "Saman" yang diambil dari nama pencipta dan pengembang dari tari Saman dari Sheikh Saman. Dia adalah salah satu ulama yang menyebarkan agama Islam di Aceh. Itu sebabnya puisi atau lagu yang digunakan dalam bahasa Arab adalah tari saman dan Aceh. Lirik biasanya digunakan di saman tari berisi pesan propaganda, sindiran, saran Anda, dan asmara Anda.



Tari Saman diduga berasal dari tarian Melayu kuno karena saman tari menggunakan dua gerakan yang umum digunakan dalam tari Melayu kuno: tepuk tangan dan Pat dada. Menurut cerita, Sheikh Saman menyebarkan Islam saat mempelajari tarian Melayu kuno. Sehingga dakwahnya mudah, Sheikh Saman menggunakan ayat-ayat Dakwah dengan gerakan tari. Sampai saat ini, tarian alam saman agama masih digunakan sebagai sarana penyampaian propagasi pesan. Tari Saman, pertama kali ditampilkan dalam ritual tertentu. Salah satunya adalah upacara memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad. Sekarang tari, saman, juga ditampilkan dalam acara-acara resmi Negara seperti kunjungan tamu negara atau dalam pembukaan festival dan acara lainnya.

Selama pendudukan Belanda, pertunjukan tari saman dilarang karena katanya mengandung unsur sihir yang bisa menyesatkan. Namun, larangan ini diabaikan oleh masyarakat Aceh. Tari saman terus berkembang pesat sampai sekarang. Selain itu, tari saman tidak hanya dilakukan di NAD, tetapi juga di kota-kota lain di Indonesia. Tari saman, bahkan sampai ke negara-negara tetangga dan Eropa. Dilihat dari jumlah gerakan tubuh, tari saman bisa dikatakan sederhana. Tapi gerakan ini beragam, termasuk: gerak harus goyang, kirep, Lingang, surang-saring, dan gerak lengek. Keunikan tarian saman adalah gerakan tangannya, mengubah posisi penari duduk, dan goyangan tubuh tongkat ke kiri atau kanan ketika lirik lagu yang dinyanyikan. 

Saman musik dansa tidak menggunakan tabel, hanya lirik yang dinyanyikan serta suara handclaps, dada, dan paha. Tari Saman sebagai acara media. Sebelum Saman dimulai, muncul untuk mewakili pemimpin adat dari masyarakat setempat. pihak pabean memberikan saran - saran yang berguna untuk para pemain dan penonton. Puisi-puisi di antunkan di tari Saman juga berisi tip-tip dan Dakwah. Namun, fungsi tari saman yang bergeser. Tarian ini jadi lebih sering berfungsi sebagai media hiburan di pesta makan malam, perayaan, dan acara lainnya. Saman menari di, ada 5 jenis lagu: Rengum, bahwa pembukaan atau mukaddimah dari tari Saman (yaitu setelah pidato pembukaan keketar dibuat sebelumnya). 

Rengum ini adalah clone terdengar. Jadi berakhir langsung keluar bersamaan dengan kata-kata yang terkandung di dalamnya, antara lain dalam bentuk pujian kepada seseorang yang diwakili, bisa keberatan, atau vegetasi. 2. Ring, yaitu rengum yang segera diikuti oleh semua penari. 3. Redet, lagu yaitu pendek dengan suara pendek yang dilakukan oleh seorang penari di bagian tengah tari. 4. Lagu Syek dilakukan oleh seorang penari dengan suara bernada tinggi panjang, biasanya sebagai tanda perubahan gerak. 5. Saur, lagu yang diulang bersama-sama oleh semua penari sekali dinyanyikan oleh seorang penari solo.

.

.

BACA JUGA :