.

.

Peralatan yang digunakan untuk tari piring

Peralatan yang digunakan untuk tari piring. Tari piring dalam seni pertunjukan dari daerah Minangkabau juga dikenal baik oleh negara Malaysia. Untuk memberikan pemahaman lebih jauh di bawah kami melewati sebuah artikel di properti dan peralatan yang digunakan dalam seni pertunjukan yang menjadi andalan bagi Provinsi Sumatera Barat. Memahami sifat-sifat piring adalah perlengkapan tari yang digunakan dalam pertunjukan tari piring. Meskipun nama tarian ini kita telah mampu menebak jika properti yang digunakan dalam pertunjukan tari piring adalah piring, namun secara umum seluruh peralatan adalah ciri khas tarian piring.



Adapun properti yang digunakan sebagai pertunjukan tari piring pelengkap di samping piring sebagai properti utama secara umum kita dapat kelompokan menjadi 2 jenis sebagai berikut :

Pakaian adalah pakaian yang dikenakan oleh penari sementara pementasan berlangsung. Seperti untuk fashion atau kostum yang dikenakan oleh penari menari piring yaitu gaun adat. Regional adat gaun tunik adalah kebiasaan kemeja adat Minangkabau Bundo Kanduang untuk kecerdasan. Meskipun tidak semua tarian memakai adat Bundo Kanduang, namun mayoritas kostum ini digunakan sebagai pakaian para penari menari piring. Ciri utama dari pakaian ini adalah jilbab / penutup kepala yang dikenakan menyerupai tanduk kepala Buffalo disebut tengkuluk.

Tops dikenakan di pakaian jas kurung memiliki ornamen BRAC berbentuk bordir bunga di beberapa sisi kemeja yang sering disebut dengan nama minsia.
2 alat musik pengiring

Beberapa orang menganggap bahwa pendamping bukanlah alat musik melainkan sebagai pendamping pelengkap yang fleksibel. Dikatakan demikian karena pada saat ini tidak semua pertunjukan tari ini menggunakan alat musik pengiring tetapi menggunakan rekaman suara dari lagu atau musik yang sengaja diciptakan untuk mendukung pertunjukan tari di piring yang lebih sederhana. Namun, tidak ada salahnya jika kita juga mengenal berbagai alat musik seperti pengiring tari piring Saluang, Sarunai, dan Bansi.

Pakaian dan instrumen di atas adalah beberapa peralatan yang biasa digunakan dalam pertunjukan tari piring dan sering disebut sebagai milik piring dalam pertunjukan tari tarian khas Sumatera Barat.

.

.

BACA JUGA :