.

.

Ada tiga jenis variasi gerakan tari piring

Ada tiga jenis variasi gerakan tari piring. Menari piring (Minangkabau: Piriang Dance) adalah seni tari milik orang Minangkabau yang berasal dari Sumatra Barat. Dia adalah salah satu tarian dari Minangkabau seni masih dipraktekkan penduduk Negeri Sembilan Minangkabau keturunan. Ada tiga jenis variasi gerakan di piring seni tari, yaitu bagaluik tupai (tupai mengatasi), bagalombang (bergelombang), dan aka malilik (akal sehat melilit).

Namun, karena masuknya Islam maka tari ini mengalami pergeseran sehingga tidak lagi menyembah Allah melainkan akan ditampilkan dalam acara perayaan atau pernikahan juga. Para penari setiap pergeseran dari semula campuran, kini hanya dilakukan oleh wanita yang berpakaian cukup. Mungkin Anda tidak akan percaya tanpa melihat langsung para penari bergerak cepat, menarik, kuat dan sangat indah dengan piring-piring sekali tidak bergoyang apalagi jatuh. Tarian ini dimulai dengan penari yang mulai bergerak Dance koreografi yang sesuai dengan meletakkan piring di masing-masing tangan tanpa terlepas atau bergeser sama sekali.



Suasana meriah dengan instrumen yang digunakan untuk mengiringi tarian, yaitu talempong Rentak dan saluang. Kostum para penari biasanya berwarna cerah sehingga dapat mendukung kegembiraan acara. Anda juga akan mendengar irama suara yang dihasilkan dari dentingan khas antara lempeng yang diadakan dengan cincin yang sengaja dikenakan di jari penari. Kemudian, bersiaplah untuk menahan napas sejenak di tengah-tengah acara, karena akan ada atraksi membuang piring. Ya, piring yang dipegang oleh para penari sengaja dilemparkan begitu tinggi ke udara kemudian melangkah dengan cabang-cabangnya gerakan tari terus. Ini menggambarkan perasaan kegembiraan atas panen yang melimpah. Hebatnya, itu tidak akan menjadi salah satu luka di kaki para penari bahkan jika mereka menginjaknya dengan kaki telanjang. 

Umumnya, para penari dalam tarian tradisional yang aneh ini, seperti tiga, lima, atau tujuh penari. hidangan dikatakan tari diciptakan dari "wanita cantik berpakaian indah, serta berjalan dengan sopan lembut dan hormat ketika membawa hidangan yang mengandung makanan yang akan ditawarkan kepada para dewa sebagai sereal. Para wanita ini akan menari sambil berjalan, dan selama periode yang sama menunjukkan kehebatan mereka membawa piring berisi makanan ini. "kedatangan Islam telah membawa perubahan pada kepercayaan dan konsep tarian ini. The Saucers tari tidak lagi ditawarkan kepada para dewa, tetapi untuk Dewan-Dewan kerumunan yang dihadiri bersama oleh Kings atau Princes tanah.

Keindahan dan keunikan Tari piring telah mendorong untuk membawa ekspansi di antara rakyat jelata, yaitu dimajlis-Dewan pernikahan yang melibatkan persandingan. Dalam hal ini, persamaan konsep masih ada, bahwa pasangan masih dianggap Raja yaitu 'Raja Day' dan layak didedikasikan Tari Piring di hadapannya ketika menggigit.

Pelat Dance Art memiliki peran besar dalam Minangkabau adat perkawinan masyarakat. Pada dasarnya, hanya Dance menawarkan piring di Dewan-Dewan pernikahan adalah untuk tujuan hiburan semata-mata. Tapi penawaran ini dapat bertindak lebih dari pada itu. Korban Tari Piring di majlis sebuah perkawinnan dirasakan perannya oleh empat pihak yaitu; untuk pasangan untuk menjadi tuan rumah untuk orang-orang dengan penari sendiri.

Secara umum, pakaian yang berwarna-warni dan cantik itu wajib untuk berdansa. Tapi di piring, sudah cukup Dancing with berpakaian Melayu dan folder saja. Warna gaun itu juga hingga penari untuk menentukan satu. Namun, warna-warna terang seperti merah dan kuning sering opsi untuk Dance Pelat penari karena lebih mudah terlihat oleh penonton.

.

.

BACA JUGA :